Menu
 


 ManiakMotor - Fenomena motor matik tiba-tiba ngadat makin banyak. Makanya banyak pula oli yang diteriakan khusus buat matik, tapi itu nggak ngaruh. “Pas lepas gas tiba-tiba motor mati, distarter enggak hidup-hidup,”  kata Indra Agung, pengendara matik asal Magelang.

Padahal motor tergolong baru alias masih dalam masa garansi 3 tahun. Setelah dibongkar di bengkel, ditemukan fakta kalau ring kompresi macet. Kemungkinan besar karena suhu mesin matik kelewat tinggi, sehingga ring tergencet pada gotnya ketika piston memuai. Akibatnya ring tidak bisa mekar, kompresi pun lolos ke crankcase.
Mengatasi sementara sih gampang saja. Enggak perlu membongkar mesin. “Cukup masukkan oli dari lubang busi. Ya businya dicopot dulu,  lalu distarter-starter sampai kompresi kembali,” kata Doni Sarempong, mekanik di kawasan Pojok Benteng, Yogyakarta.
Rupanya oli ini meresap di sela-sela ring, dan memaksa ring membuka kembali. Ingat, ini tips sementara lo? Dan sebenarnya yang ditunggu adalah solusi dari pabrikan. Apakah dengan mengatur ulang clearance alur ring kompresi, atau memperbaiki material piston. Kasus ini sudah banyak terjadi. Apalagi sekarang matik menjadi idola.



View the original article here

Posting Komentar

 
Top